24 Apr

The Fox, Indonesia Pertama di Cannes Festival

CDDGd1IUgAADYDcThe Fox Exploits The Tiger’s Might hadir kembali. Setelah Goethehause dan Kineforum, Kamis (23/4), giliran Institut Prancis di Indonesia (IFI) menayangkan film arahan Lucky Kuswandi tersebut. Ya, film pendek Indonesia pertama yang sukses terseleksi untuk berkompetisi dalam Critic’s Week, Cannes Film Festival.

The Fox memberikan saya keleluasaan dalam membicarakan tema kekuasaan dan seksualitas secara terbuka, jujur dan dewasa. Keleluasaan tanpa penyensoran diri maupun penyensoran dari berbagai lembaga dalam eksplorasi karya seni ini ternyata malah membuahkan prestasi yang bisa dibanggakan oleh dunia internasional.”, ungkap Lucky.

Dari 1.750 karya film pendek dan 1.100 film feature dari seluruh dunia yang diterima panitia, tercatat hanya tujuh film panjang dan sepuluh film pendek—termasuk The Fox Exploits The Tiger’s Might—yang lolos dan dikompetisikan dalam Critic’s Week, Cannes Film Festival 2015 yang akan berlangsung 13-24 Mei mendatang. Tahun ini, Ronit Elkabetz yang menjadi ketua presiden juri, aktris dan sutradara asal Israel yang filmnya berjudul Gett, The Trial of Viviane Amsalem masuk nominasi Golden Globes 2015 kategori Best Foreign Language Film.

Meiske Taurusia, produser The Fox Exploits The Tiger’s Might, mengatakan, terseleksinya The Fox dalam Critic’s Week, Cannes Film Festival 2015 adalah tanda bahwa sudah saatnya Indonesia memberikan tempat pada film yang menawarkan keragaman bentuk dan cerita, sehingga kita membutuhkan keragaman jenis bioskop, keragaman pembuat dan penikmat, serta keragaman ekonominya.

The Fox Exploits The Tiger’s Might sendiri merupakan hasil kerja sama Babibutafilm dengan Hivos Asia Hub dan Yayasan Cipta Citra Indonesia. Selain The Fox, kolaborasi ketiganya juga menghasilkan Kisah Cinta yang Asu (penulis dan sutradara Yosep Anggi Noen) dan Sendiri Diana Sendiri (penulis dan sutradara Kamila Andini).

Pemutaran untuk umum The Fox Exploits The Tiger’s Might bakal kembali berlangsung di Kineforum, Minggu (26/4), dalam program bertajuk #KolektifJakarta. Trailer film dapat kamu lihat dengan mengklik tautan: youtube.com/watch?v=wWVUUWJVKTs