16 Feb

Menkominfo: Kineria Kelak Menjadi Killer Application

Menanggapi ramainya pembahasan menyoal Netflix dan tren video streaming, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, kembali angkat bicara. Ia mengungkapkan jika Indonesia pun memiliki platform resmi video on-demand serupa Netflix.

“Indonesia itu punya. Namanya Kineria.com. Kineria itu lokal, saya punya voucher 55 ribu untuk lima hari. Ada paketnya, dapat film panjang dan film pendek. Pada gak tau kan? Masa kalah sama menterinya tahu kaya gitu. Itu digital movie,” ucap Rudiantara sambil berseloroh, Kamis (8/1), sebagaimana kami cuplik dari Merdeka.

Masih dalam kesempatan yang sama, Rudiantara juga menambahkan bahwa Kineria bisa saja menjadi killer application di masa depan.

Kineria.com itu bagus. Sama seperti Netflix yang bisa digunakan di perangkat apa saja termasuk mobile. Kelak itu akan menjadi killer application jika masyarakat sudah terbiasa dan siap menonton film secara streaming di perangkatnya. Tapi saya yakin, bioskop gak akan terpengaruh karena segmennya sendiri-sendiri,” katanya lagi.

Belum lama ini Rudiantara kembali dimintai tanggapannya tentang nasib Netflix di Indonesia.

“Kebijakan PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik –red) tidak harus dengan Netflix, kita bicaranya industri bukan perusahaan. Artinya, model Netflix di Indonesia juga ada, Kineria.com. Harus kita berikan level playing field, harus ada kesetaraan. Masak yang nasional harus mengikuti aturan-aturan yang lebih berat dari internasional,” ujarnya di Gedung Kemenkominfo, Kamis (4/2), seperti yang kami kutip dari Warta Ekonomi.

Ya, semoga saja Kineria dapat menjadi solusi alternatif bagi pencinta film di Indonesia.

Foto: BISKOM