16 Sep

Mengulas Debut FFOK, Menyambut Musim Baru Piala Maya

Dua tahun berkiprah di dunia dalam jaringan, Kineria kembali dengan gebrakan terbarunya. Setelah kerja samanya dengan Piala Maya sejak 2013 lalu, mulai tahun ini situs yang mewadahi penayangan film-film Indonesia berkualitas itu menggelar ajang apresiasi untuk film pendek yang dinamakan Festival Film Online Kineria (FFOK) 2015.

Bertempat di SAE Institute, Pejaten Raya, Jakarta Selatan, Sabtu (29/8) lalu, Kineria secara resmi mengumumkan para pemenang FFOK 2015. Rangkaian FFOK 2015 dimulai dengan membuka pendaftaran (untuk film-film di luar Kineria.com) pada 30 Maret 2015—yang juga bertepatan Hari Film Nasional, penilaian juri yang berakhir pada 10 Agustus, dilanjutkan pegumuman pemenang (via Kineria.com) pada 17 Agustus, hingga ditutup lewat acara penyerahan hadiah untuk para pemenang pada 29 Agustus 2015 lalu. Sebanyak 145 judul film yang tersaring dibagi dalam sembilan kategori, delapan kategori dipilih oleh dewan juri dan satu kategori lagi merupakan pilihan masyarakat. Bertindak sebagai dewan juri FFOK tahun ini ada nama Ade Kusumaningrum (Publisis Film Senior), Astrida Wishnuwardani (Direktur Kineria), Andibachtiar Yusuf (Sineas), Leila Safira (Eksekutif Media), dan Taufiqur Rizal (Blogger Film).

Berikut daftar pemenang FFOK 2015:
1. Film Drama Terbaik : LANGKA RECEH
2. Film Komedi Terbaik : GUNDAH GUNDALA
3. Film Misteri/Horor/Thriller Terbaik : AKAR DARI ENAM
4. Film Animasi Terbaik : MORIENDO
5. Film Dokumenter Terbaik : 400WORDS
6. Sutradara Muda Terbaik : WREGAS BHANUTEJA (Senyawa)
7. Film dengan Tema Khusus : AKU KUDU PIYE, TWEEPS?
8. Film Baru Kineria Terbaik : TAK KUNJUNG BERANGKAT
9. Film Terfavorit : GUNDAH GUNDALA

Pada kesempatan yang sama pula PIALA MAYA 2015 resmi diperkenalkan ke publik. Mengusung tema ‘Imajinasia’ di gelarannya yang keempat ini, ajang apresiasi film yang sudah memulai rangkaiannya itupun kembali melanjutkan kolaborasinya bersama Kineria dan SAE Institute.

Dalam acara yang berlangsung hangat itu, Kineria menghadirkan aktris senior yang juga merupakan salah satu Komite Pemilih Piala Maya, Niniek L. Karim dan aktor tampan Arifin Putra, peraih Piala Maya 2014 lewat kategori Aktor Peran Pendukung dalam film The Raid 2: Berandal.

Sukses terus Kineria, Jaya selalu Piala Maya!