27 Apr

EoS 2015 dan Sembilan Film Pendek asal Indonesia

Europe on Screen (EoS) kembali menyapa Indonesia. Memutar 62 film karya para sutradara dan produser kenamaan Eropa, EoS 2015 bakal dihelat 1-10 Mei mendatang. Jakarta, Bandung, Denpasar, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta menjadi enam kota yang kebagian memutar film-film tersebut dalam EoS tahun ini. Tak perlu ruwet-ruwet merogoh kocek, karena semua film yang akan ditayangkan dapat kamu simak secara bebas bayar alias gratis.

“Saya harap Europe on Screen 2015 dapat terus mempromosikan pemahaman antar budaya dan menjadi jembatan antar warga yang berbeda kepercayaan, pandangan, dan nilai. Sesuatu yang terasa semakin penting dengan adanya era globalisasi”, jelas Kuasa Usaha Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia, Colin Crooks, dalam siaran pers yang diterima Kineria.

Terdapat dua film pemenang Oscar dalam sajian EoS 2015 ini. Kedua film tersebut yakni Ida, yang merupakan pemenang Piala Oscar 2015 untuk Best Foreign Language Film dan Citizen Four, untuk Best Documentary Feature di tahun yang sama. Kedua film tersebut akan diputar di Erasmus Huis dan Goethehaus, Jakarta. Selain pemutaran film, EoS 2015 pula dimeriahkan kehadiran tamu istimewa, lokakarya, dan diskusi film.

Kompetisi film pendek untuk para sineas Indonesia juga kembali digelar dalam EoS tahun ini. Dari 267 film yang terdaftar, sembilan di antaranya terseleksi untuk pemutaran keliling dan berkesempatan dinilai juri internasional. On The Way (Karya: Jeihan Angga), Biggu Buddy (Ruben Adriano), Bomb (Esa Hari Akbar), Iblis Jalanan (Salman Farizi), Lemantun (Wregas Bhanuteja), Kitik (Nathania Devita Palawi), Ketika Umur Saya 40, Sekian (Nadya Ratu Santoso), Iman (Nurul Ibrahim), dan Friend (Yandy Laurens), yang bakal bersaing untuk kemudian terpilih sebagai “Film Terbaik”.

“Tahun ini lebih ketat, kami harus menyaring hingga sembilan finalis. Kalian tahu? Sineas Indonesia benar-benar kreatif”, terang Orlow Seunke, Direktur Festival EoS 2015, dalam temu pers di bilangan Kuningan, Rabu (22/4).

Pemenang kompetisi film pendek bakal diumumkan pada Malam Penutupan Festival, Minggu (10/5), di Erasmus Huis, Jakarta. Untuk jadwal lengkap dan keterangan lebih lanjut, kamu boleh langsung mengunjungi situs resmi EoS 2015 dengan mengklik tautan: europeonscreen.org.